Surakarta – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui Kelompok Pengembang Pendidikan Mata Kuliah (KPPMF) Pendidikan Informatika menyelenggarakan pelatihan bertajuk “Pendampingan Submit ke Jurnal Fokus dan Peningkatan Sitasi”. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom pada Selasa, 15 Juli 2025 dan diikuti oleh mahasiswa program Magister (S2) dan Doktor (S3), serta para dosen dari berbagai program studi di lingkungan FKIP UNS.
Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan civitas akademika dalam menyiapkan, menyusun, dan mengirimkan artikel ilmiah ke jurnal yang bereputasi, serta strategi meningkatkan sitasi untuk memperkuat rekam jejak akademik.
Kegiatan ini dibuka oleh jajaran pimpinan FKIP UNS. Dr. Murwani Dewi Wijayanti, S.Pd., M.Pd., bertugas sebagai Master of Ceremony (MC) dalam kegiatan ini dan memandu jalannya acara dari awal hingga akhir. Dalam pengantarnya, beliau turut menyampaikan apresiasi atas antusiasme peserta serta dukungan dari seluruh pimpinan fakultas dan panitia penyelenggara.
Acara turut dihadiri oleh para Wakil Dekan FKIP, antara lain Dr. Imam Sujadi, M.Si., yang dalam sambutannya menekankan pentingnya peran dosen dan mahasiswa dalam membangun budaya akademik berbasis publikasi ilmiah. Jajaran Koordinator Program Studi, dosen, serta mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu di FKIP UNS juga menunjukkan antusiasme tinggi dalam mengikuti pelatihan ini.
Hadir sebagai narasumber utama yaitu Prof. Yuli Rahmawati, M.Sc., Ph.D., seorang pakar publikasi ilmiah internasional yang telah banyak berkontribusi dalam pengembangan penelitian dan publikasi di bidang pendidikan sains dan kimia. Dalam pemaparannya, Prof. Yuli menyampaikan teknik-teknik memilih jurnal yang tepat, menyusun artikel yang relevan dan bernilai kontribusi, serta strategi meningkatkan visibilitas dan sitasi artikel melalui platform digital dan kolaborasi akademik.
Pelatihan ini juga memberikan ruang interaktif melalui sesi tanya jawab, di mana peserta dapat menyampaikan kendala yang mereka hadapi saat mempersiapkan publikasi, seperti pemilihan jurnal yang sesuai, penggunaan referensi manajer, hingga kendala teknis pengiriman artikel. Prof. Yuli pun membagikan pengalaman praktisnya, termasuk proses peer-review dan tantangan etika publikasi.
Rangkaian kegiatan dimulai dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars UNS, dilanjutkan dengan pemaparan materi dan diskusi. Suasana yang hangat dan antusias tercermin dari banyaknya pertanyaan serta keaktifan peserta dalam sesi diskusi.
Partisipasi dosen tidak hanya sebagai peserta, namun juga sebagai pendamping bagi mahasiswa, menjadi kekuatan kolaboratif yang penting dalam pelatihan ini. Sinergi antara mahasiswa dan dosen FKIP diharapkan memperkuat budaya publikasi ilmiah yang berkelanjutan.
Dengan terselenggaranya kegiatan ini, FKIP UNS melalui KPPMF Pendidikan Informatika menunjukkan komitmennya dalam mendukung peningkatan kapasitas akademik dosen dan mahasiswa. Pelatihan ini diharapkan menjadi langkah awal yang strategis dalam mencapai target Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi, khususnya dalam hal produktivitas publikasi ilmiah dan peningkatan reputasi akademik FKIP UNS di kancah nasional dan internasional.

